Jumat, 19 Februari 2010

Tradisi-Tradisi Dunia Arsitektur


Pada tahun 1920 s/d 1970 ada sebuah gerakan arsitektur yang dimotori oleh charles Jencks ,mengelompokan ideologi-ideologi arsitektur pada waktu itu menjadi 6 tradisi. Enam tradisi tersebut mempunyai indikasi kuat bahwa perkembangan dunia arsitektur sangat dinamis. Arsitekur bisa dipengaruhi oleh tradisi manapun atau arsitektur bisa memunculkan tradisi-tradisi baru. Ia bisa berkembang cepat,juga bisa surut/mati tiada guna. Enam tradisi itu adalah : 1. Tradisi Logis
Tradisi ini berlandaskan cara berpikir sistematis,mengikuti hukum alam dan perkembangan teknologi. Teknologi menduduki segalanya sangat baik dikembangkan akan tetapi harus disesuaikan dengan keadaan lingkungan/masyarakatnya,kalau tidak akan mengalami kejenuhan.
2. Tradisi Intuitif / Intuisi
Cara mengungkapkan kreatifitas dan emosi menghasilkan bentuk-bentuk yang menakjubkan sambil menutup mata terhadap reaksi-reaksi orang diluarnya. Kurang baik dikembangkan dan akan banyak hambatan dalam masyarakat. Akan tetapi kadang mempunyai peran penting bagi arsitek untuk menunjukan pemikiran ke depan / masa yang akan datang. Di Indonesia belum banyak menerapkan.
3. Tradisi Aktivis
Ciri dari tradisi ini mampu memenuhi tuntutan / kebutuhan hidup masyarakat dengan bentuk-bentuk yang komunikatif,selaras,serasi dengan lingkungan dan mampu memusatkan diri pada perkembangnya. Tradisi inilah yang cocok dengan keadaan di Indonesia lebih humanis,praktis dan efektif. 4. Tradisi Idealis
Arsitek mencoba memahami, menyeimbangkan bentuk-bentuk umum dimasyarakat dengan pribadinya dan biasanya mengutamakan "fungsi" agar hasilnya dapat diterima masyarakat dalam kurun waktu tertentu. Type bangunannya bercirikan sama / klise. Dan bentuk ini bisa dianggap tidak ideal,akan tetapi hanya untuk komunikasi dan agar mudah dipahami dan dimengerti.
5. Tradisi Self-Conscious
Arsitek yang mencoba menonjolkan karakter bangunan itu sendiri. Apakah akan mencitrakan wibawa, feminim atau maskulin. Suatu faham yang mencoba menjembatani pemikiran kearah verbalitas bangunan. Misalnya : sebuah bangunan pemerintahan mempunyai bentuk,ciri dan corak pada pemerintahan jaman itu. Biasanya dipengaruhi oleh keadaan sosial-politik.
6. Tradisi Unself-Conscius
Arsitek mencoba menghasilkan karya-karya yang penuh perbaikan,peningkatan dalam rangka mendukung kegiatan masyarakat dalam memperbaiki tatanan sosial,budaya,lingkungan yang didasarkan pada kebiasaan,adat dan bukan ideologi tertentu. Kelemahan tradisi ini dalam prakteknya selalu tidak memadai,kaku bahkan tidak manusiawi "dalam program peningkatan kesejahteraan masyarakat". Akan tetapi tradisi ini telah mampu mempengaruhi 80% lingkungan di dunia..

1 komentar:

  1. gold titanium - The Tithron Project
    gold revlon titanium max edition titanium is an titanium lug nuts alloy made from an alloy made from an alloy made from an alloy made from an alloy titanium properties made from an alloy titanium exhaust made titanium framing hammer from an alloy made of an alloy $2.99 · ‎In stock

    BalasHapus